Internet marketing adalah system pemasaran suatu produk dengan bantuan internet. sebagai suatu system pemasaran produk, maka produk yang dapat dipasarkan ,melalui artikel internet marketing sebagai alat bantu, dapat bervariasi dalam berbagai jenis produk dalam arti produk apapun selama ia dapat di pasarkan melalui internet. Tujuan dari internet marketing adalah untuk memastikan produk tersebut memnuhi selera para pembeli dan pembaca.
Anda
tidak akan menyesal menjadi wirausahawan internet. Anda akan menjadi
bos bagi diri anda sendiri, dan menghasilkan uang yang besar. Di samping
itu, anda akan mempunyai lebih banyak waktu luang untuk mengerjakan
hal-hal lainnya.
Untuk mempunyai bisnis di internet, anda memerlukan sebuah website. Desain website mempunyai peranan penting dalam menarik pengunjung. Jika anda berencana untuk menarik biaya keanggotaan, anda tidak dapat berharap banyak orang akan tertarik membayar akses ke website anda, jika desain website anda tidak menarik. Untuk membuat desain, anda dapat menyewa jasa graphic desainer, atau anda juga dapat mempelajarinya sendiri. Silakan klik link di bagian bawah artikel ini untuk mengunjungi situs yang memberikan bimbingan cara pembuatan website.
Untuk mempunyai bisnis di internet, anda memerlukan sebuah website. Desain website mempunyai peranan penting dalam menarik pengunjung. Jika anda berencana untuk menarik biaya keanggotaan, anda tidak dapat berharap banyak orang akan tertarik membayar akses ke website anda, jika desain website anda tidak menarik. Untuk membuat desain, anda dapat menyewa jasa graphic desainer, atau anda juga dapat mempelajarinya sendiri. Silakan klik link di bagian bawah artikel ini untuk mengunjungi situs yang memberikan bimbingan cara pembuatan website.
Langkah-langkah berbisnis online
Langkah
awal dalam membangun sebuah bisnis on-line yang sukses adalah menemukan
bidang yang merupakan minat / ketertarikan anda. Beberapa cara untuk
melakukannya :
1. Lakukan brainstorming mengenai konsep-konsep terbaik yang anda yakini akan cocok dengan anda. Jauh lebih mudah untuk mencapai sukses, jika anda mencintai apa yang anda lakukan.
2. Jika anda tidak dapat menemukan konsep yang cocok dengan minat anda,
buatlah itu. Temukan satu bidang yang menarik bagi anda, dalami sampai
anda bergairah untuk menjalankan bisnis di bidang tersebut.
3.Bila semua langkah gagal, pilih bidang bisnis yang mendatangkan uang.
Lakukan penelitian bidang bisnis apa yang popular dan mendatangkan uang.
Cari tahu apa yang dicari orang, dan juallah itu pada mereka. Anda akan
memperbesar kemungkinan sukses bila melakukan hal itu. Banyak tempat
untuk mengetahui hal apa yang bisa/laku dijual. Mulailah surfing di
internet. Lakukan penelitian dengan menggunakan keyword yang sesuai.
Setelah anda menentukan bidang bisnis yang akan anda tekuni, tibalah
waktunya untuk menyelidiki siapa calon pelanggan/pembeli anda. Hal ini
akan mempengaruhi desain dan isi dari website anda.
‘Link Popularity’ Cara Sederhana Meningkatkan Ranking
Setelah
men-submit website Anda ke berbagai search engine dan directory utama,
apa yang akan Anda lakukan ? Apakah semuanya sudah cukup dan Anda
tinggal menunggu hasil ? Tentu saja tidak. Sambil menunggu hasil
pendaftaran yang berkisar antara 2 minggu hingga 3 bulan, Anda bisa
meningkatkan link popularity dari website Anda. Link popularity adalah
banyaknya website lain yang memasang link mengarah ke website Anda.
Semakin besar link popularity, maka rangking website Anda di search
engine akan semakin tinggi. Google adalah salah
satu search engine yang sangat memperhatikan link popularity. Bahkan
faktor ini bisa menjadi yang paling penting. Menurut analisa Google,
semakin banyak suatu website di-link, tentu content-nya semakin baik
juga. Dan yang lebih istimewa lagi, Google bisa menganalisa darimana
datangnya link tersebut.
Tips untuk Kesuksesan Web
Pekerjaan
terbesar webmaster adalah meningkatkan trafik mereka menjaga agar
pelanggan Kembali lagi. Pembuatan situs adalah satu hal, namun asal
buat dan posting sebuah website tidak menjamin trafik-nya.
Cara untuk Menarik Pengunjung Situs
(1) Internet Adalah Media Baru
Paling tidak
dibandingkan dengan media massa cetak. Situs adalah sampah jika hanya
mengulang kembali sesuatu yang tidak dapat disajikan oleh media cetak.
Jangan jadikan situs hanya sebagai brosur online. Masukkan fitur yang
mengambil keuntungan internet sebagai media komunikasi. Saring informasi
darinya. Sediakan kemampuan pencarian. Sediakan interaktivitas dengan
fitur seperti forum, kuis, dan perangkat. Pengunjung menyukai web
sebagai sarana berinteraksi.
(2) Jaga Kunjungan Pelanggan Sebagai Hal yang Sangat Bernilai.
Jika seseorang
mengunjungi situs Anda, Anda dapatkan perhatiannya atas nilai waktu
kunjungan tersebut. Anda dapat memanfaatkan hal tersebut atau justru
kehilangannya – dengan cepat. Mayoritas pengunjung memiliki durasi
perhatian yang pendek, rancangan apa yang hendak dibuat untuk homepage
situs Anda agar perhatian pengunjung tertawan dan memberikan cara tepat
atas apa yang mereka cari, seperti berjalan menuju restoran. Jika Anda
masuk dan hanya ada di sana tanpa ada yang menghampiri dan menyapa,
Anda mungkin heran atas apa yang terjadi. Tetapi, jika tuan rumah
datang dan menyapa Anda segera dan menunjukkan tempat yang masih
kosong, lantas Anda ada di sana beberapa saat dan menikmati makanan
Anda. Analogi serupa juga berlaku bagi situs. Jangan memperumit homepage
situs Anda. Hasil terbaik akan didapat jika Anda sejelas mungkin
membuatkan area yang dapat diklik untuk menemukan apa yang dicari.
(3) Rancang Situs untuk Kebutuhan Pelanggan, Bukan Perusahaan.
Situs Anda harus
memuaskan kebutuhan pelanggan, bukan perusahaan. Maka, jangan masukkan
konten yang tidak berguna bagi pelanggan situs. Hindari publikasi
pemasaran berlebihan tentang perusahaan. Hal tersebut hanya
meningkatkan ego perusahaan lebih besar daripada membantu pelanggan
Anda.
(4) Libatkan Pengunjung.
Pertahankan agar
pengunjung tetap terlibat dan buat mereka merasa seperti kontributor
berharga. Secara aktif mintakan feedback dan saran. Lakukan komunikasi
dengan pengunjung dan jawab pertanyaan yang diajukannya dengan segera.
Ketika berkomunikasi seperti itulah, catat alamat emailnya. Hal ini
mungkinkan Anda tetap berkomunikasi dengan mereka walaupun mungkin
mereka telah berpaling atau melupakan Anda.
(5) Tetap Up to date.
Anda butuh konten
untuk situs yang tersedia dan relevan dengan kehidupan pengunjung.
Posting berita bulan lalu tidak menarik. Posting informasi produk
kering yang tidak pernah berubah tidak akan menarik. Anda harus
memiliki informasi produk dan lainnya pada situs yang tidak akan
berubah banyak, namun Anda juga dapat memasukkan lebih banyak konten
tepat waktu. Anda bisa, mengirimkan konten tentang bagaimana produk
Anda dapat digunakan dalam situasi kehidupan tertentu. Sediakan tips
dan teknik – hal yang segera dapat diaplikasikan dan memecahkan
masalah.
(6) Beri Perhatian pada Bentuk/Rancangan.
Beberapa situs
terlihat berlebihan. Grafik besar hanya lebih menarik perancang situs
bukan pengunjung. Jangan gunakan grafik yang besar dan tak bernilai.
Ingat, beberapa pengunjung mungkin masih mengakses situs Anda
menggunakan dial-up. Situs Anda harus mampu melakukan loading dengan
cepat bagi semua pengguna. Situs lambat akan menyebabkan pengguna Anda
pergi dengan cepat. Maka dari itu, perhatikan ukuran grafik dan
rancangannya. Beberapa web designer hanya bekerja pada resolusi layar
yang tinggi dan terkadang lupa bahwa bahkan grafik terlihat biasa bagi
Anda, tetap saja akan terlihat besar bagi pengguna dengan resolusi
kecil. Pada flip side, jangan terlalu mengkilat pada grafik. Situs yang
dirancang sederhana dan menggunakan default font dan tanpa warna juga
tidak telihat cantik. Beberapa pengunjung situs, entah itu sengaja atau
tidak, mengomentari perusahaan Anda dari situsnya atau mereka dapatkan
sesuatu untuk dimanfaatkan. Situs yang dirancang dengan baik
mengkomunikasikan profesionalisme. Terlalu sedikit rancangan juga
menjadikan situs seperti ketinggalan jaman.
(7) Promosi.
Jika pengunjung
menghubungi Anda melalui e-Mail, paling bagus menggunakan bentuk web.
Bukan memberikan kemungkinan alamat email Anda disalahgunakan oleh
spammer, namun untuk keperluan pengajuan pertanyaan kepada kustomer
tentang alamat email mereka dan menyimpan alamat tersebut untuk
keperluan mendatang. Aktifkan strategi pemasaran “push/pull”. Pengunjung
yang datangi situs Anda adalah tarikan, namun selanjutnya Anda dapat
menggulirkan konten kepada mereka dalam bentuk newsletter atau materi
promosi. Jalankan mailing list dan manfaatkan. Undang pengunjung untuk
mendaftarkan diri. Promosi dapat membangun atau bahkan merusak bisnis,
dan selama Anda respek terhadap pertimbangan etika mailing list
tersebut, Anda dapat memanfaatkannya.
(8) Jangan Lakukan Isolasi.
Internet adalah media
yang dibagi dengan jutaan pengguna lainnya. Ketika membuat situs,
jangan memfungsikannya seolah-olah Anda adalah pulau tersendiri.
Keluarlah dan cermati apa yang tengah terjadi pada situs lainnya yang
berhubungan dengan situs Anda. Ikut ambil bagian dalam forum. Cantumkan
link ke situs lainnya dan mintakan sambungan balik dari link tersebut.
Bentuk kemitraan dengan situs lainnya jika memungkinkan. Jika menyangkut
masalah komunikasi, orang lebih menyukai hubungan personal.
Penyembunyian alamat e-Mail umum seperti “penjualan” dan “informasi”
tidak apa-apa selama ada cara juga menghubungi Anda dengan tepat. Situs
perusahaan yang memungkinkan e-Mail langsung menuju pihak manajemen itu
bagus. Namun ingatlah berapa besar Anda tidak menyukai pemanggilan pihak
perusahaan dan terjebak dalam sistem telepon mereka. Terkadang Anda
hanya perlu berbicara dengan seseorang. Beri pengunjung Anda kemungkinan
itu.
(9) Buat Rencana Menarik Kembali Trafik.
Gunakan newsletter,
e-Mail keluar, kontes, forum, klub, lelang – apa saja yang dapat menarik
kembali pengunjung ke situs Anda. Jika memasukkan link ke situs lain,
jangan hanya mengirimkan pengunjung Anda ke tempat lain. Mereka tidak
akan kembali lagi. Sediakan mereka exit page. Sediakan pop-up jika
mereka berusaha meninggalkan situs Anda atau kecilkan kemungkinan
munculnya link eksternal dibuka dalam jendela baru.
(10) Telusuri Pengunjung Anda
Cermati
statistik situs Anda dan ambil tindakan signifikan. Apa yang dibaca
pengunjung? Bagaimana cara mereka menemukan Anda? Apakah mereka hanya
muncul dan pergi begitu saja meninggalkan homepage Anda? Berapa lama
mereka mengunjungi situs Anda? Apakah mereka kembali lagi? Data tersebut
jelas sangat berguna dalam pembuatan situs Anda yang bagus sesuai
kebutuhan dan keinginan pengunjung Anda. Ingat, kesalahan terbesar
beberapa webmaster adalah pembuatan rancangan situs untuk kebutuhan
mereka saja. Situs yang sukses dirancang untuk pengunjung targetnya,
bukan mengesankan pemilik situsnya.
Cara Tercepat Mendapatkan Traffic ke Website Anda
salah satu aspek terpenting dalam kegiatan bisnis internet adalah aspek promosi. sebagus apapun kualitas produk anda, ataupun semenarik apapun website anda, tetapi hal itu tidak akan berarti jika tidak ada pengunjung ke website anda.
ada 3 cara tercepat untuk mendatangkan traffic masuk ke website, yaitu:
1. menggunakan jasa dari Google Adwords
2. melakukan joint ventures
3. berikan apa yang mereka inginkan!
Tips Ampuh untuk Meningkatkan Penjualan Online
Apa saja yang harus Anda perhatikan untuk meningkatkan penjualan
Anda, berikut ini kami beberkan 10 cara:
1. Perlihatkan kepada calon custumer Anda bahwa Anda begitu antusias
terhadap produk dan bisnis Anda. Jika Anda antusias, maka mereka pun akan antusias, karena antusias itu bersifat menular.
Anda, berikut ini kami beberkan 10 cara:
1. Perlihatkan kepada calon custumer Anda bahwa Anda begitu antusias
terhadap produk dan bisnis Anda. Jika Anda antusias, maka mereka pun akan antusias, karena antusias itu bersifat menular.
2.Akhiri e-mail penjualan Anda dengan kata-kata close yang mantap. Seperti bonus tambahan, harga diskon, pengingat praktis, dan deadline order, dsb.
3. Tenteramkan custumer Anda yang melakukan komplain. Berikan jaminan refund dari uang mereka, atau berikan mereka diskon, berikan mereka bonus, berikan mereka solusinya atas masalah tsb, dsb.
4. Buat sedemikian rupa agar custumer Anda merasa tertarik terhadap bisnis
Anda sehingga mereka akan menceritakan hal itu kepada rekan-rekan bisnis yang lain. Berikan mereka sesuatu yang gratis juga menarik sebagai bonus, atau sejenisnya.
Anda sehingga mereka akan menceritakan hal itu kepada rekan-rekan bisnis yang lain. Berikan mereka sesuatu yang gratis juga menarik sebagai bonus, atau sejenisnya.
5. Tumbuhkan keyakinan ekstra pada prospek Anda sehingga mereka kelak
akan membeli dari Anda. Gunakan referensi yang baik dari orang-orang
yang telah menjadi custumer Anda, sehingga mereka bisa melihat siapa
saja yang telah menjadi custumer Anda, berikan juga jaminan atau
garansi kepada mereka, dan sebagainya.
akan membeli dari Anda. Gunakan referensi yang baik dari orang-orang
yang telah menjadi custumer Anda, sehingga mereka bisa melihat siapa
saja yang telah menjadi custumer Anda, berikan juga jaminan atau
garansi kepada mereka, dan sebagainya.
6. Buat pada situs web Anda opt-in list sehingga pengunjung
situs Anda dapat mendaftarkan diri untuk mendapatkan e-books, software,
kontest, atau sesuatu yang gratis yang dapat ditukar dengan alamat
e-mail mereka, karena secara psikologi mereka lebih suka mendapat
sesuatu yang bagus gratis walaupun mereka sanggup membelinya.
7. Jangan lupa prinsip aturan 80-20, artinya 80% dari isi situs Anda
harus berisi informasi atau hal-hal yang disukai secara umum bagi para
pengunjung sedangkan sisanya 20 % atau kurang berisi profil perusahaan
Anda serta produk atau jasa yang Anda pasarkan.
8. Upayakan apabila custumer Anda membeli sesuatu dari Anda, mereka
mendapatkan sebagian atau sedikit dari apa yang mereka pesan hal itu bisa dalam bentuk sesuatu yang mereka bisa dapatkan secara online.
mendapatkan sebagian atau sedikit dari apa yang mereka pesan hal itu bisa dalam bentuk sesuatu yang mereka bisa dapatkan secara online.
9. Tulis sebuah artikel ke sebuah penerbit dari suatu newsletter online, Dan hendaklah hal itu dalam bentuk artikel yang bersifat informasi jangan bersifat iklan.
10. Perlihatkan kepada prospek Anda bahwa Anda adalah seorang yang
pakar di bidangnya, karena hal tsb dapat meyakinkan mereka. Anda dapat
menerbitkan sebuah artikel, menulis sebuah ebook, dan sejenisnya.
Demikian 10 cara ampuh yang bila Anda terapkan, anda akan melihat nilai
penjualan Anda meningkat, dan sekaligus Anda dapat mempertahankan custumer Anda secara tetap.
penjualan Anda meningkat, dan sekaligus Anda dapat mempertahankan custumer Anda secara tetap.
source:
0 komentar:
Your comment / INTERNET MARKETING