INTERNET MARKETING


Internet marketing adalah system pemasaran suatu produk dengan bantuan internet. sebagai suatu system pemasaran produk, maka produk yang dapat dipasarkan ,melalui artikel internet marketing sebagai alat bantu, dapat bervariasi dalam berbagai jenis produk dalam arti produk apapun selama ia dapat di pasarkan melalui internet. Tujuan dari internet marketing adalah untuk memastikan produk tersebut memnuhi selera para pembeli dan pembaca.

Anda tidak akan menyesal menjadi wirausahawan internet. Anda akan menjadi bos bagi diri anda sendiri, dan menghasilkan uang yang besar. Di samping itu, anda akan mempunyai lebih banyak waktu luang untuk mengerjakan hal-hal lainnya.

Untuk mempunyai bisnis di internet, anda memerlukan sebuah website. Desain website mempunyai peranan penting dalam menarik pengunjung. Jika anda berencana untuk menarik biaya keanggotaan, anda tidak dapat berharap banyak orang akan tertarik membayar akses ke website anda, jika desain website anda tidak menarik. Untuk membuat desain, anda dapat menyewa jasa graphic desainer, atau anda juga dapat mempelajarinya sendiri. Silakan klik link di bagian bawah artikel ini untuk mengunjungi situs yang memberikan bimbingan cara pembuatan website.

Langkah-langkah berbisnis online
Langkah awal dalam membangun sebuah bisnis on-line yang sukses adalah menemukan bidang yang merupakan minat / ketertarikan anda. Beberapa cara untuk melakukannya :

1. Lakukan brainstorming mengenai konsep-konsep terbaik yang anda yakini akan cocok dengan anda. Jauh    lebih mudah untuk mencapai sukses, jika anda mencintai apa yang anda lakukan.
2. Jika anda tidak dapat menemukan konsep yang cocok dengan minat anda, buatlah itu. Temukan satu bidang yang menarik bagi anda, dalami sampai anda bergairah untuk menjalankan bisnis di bidang tersebut.
3.Bila semua langkah gagal, pilih bidang bisnis yang mendatangkan uang. Lakukan penelitian bidang bisnis apa yang popular dan mendatangkan uang. Cari tahu apa yang dicari orang, dan juallah itu pada mereka. Anda akan memperbesar kemungkinan sukses bila melakukan hal itu. Banyak tempat untuk mengetahui hal apa yang bisa/laku dijual. Mulailah surfing di internet. Lakukan penelitian dengan menggunakan keyword yang sesuai.
Setelah anda menentukan bidang bisnis yang akan anda tekuni, tibalah waktunya untuk menyelidiki siapa calon pelanggan/pembeli anda. Hal ini akan mempengaruhi desain dan isi dari website anda.
   
‘Link Popularity’ Cara Sederhana Meningkatkan Ranking

Setelah men-submit website Anda ke berbagai search engine dan directory utama, apa yang akan Anda lakukan ? Apakah semuanya sudah cukup dan Anda tinggal menunggu hasil ? Tentu saja tidak. Sambil menunggu hasil pendaftaran yang berkisar antara 2 minggu hingga 3 bulan, Anda bisa meningkatkan link popularity dari website Anda. Link popularity adalah banyaknya website lain yang memasang link mengarah ke website Anda. Semakin besar link popularity, maka rangking website Anda di search engine akan semakin tinggi. Google adalah salah satu search engine yang sangat memperhatikan link popularity. Bahkan faktor ini bisa menjadi yang paling penting. Menurut analisa Google, semakin banyak suatu website di-link, tentu content-nya semakin baik juga. Dan yang lebih istimewa lagi, Google bisa menganalisa darimana datangnya link tersebut.


Tips untuk Kesuksesan Web

Pekerjaan terbesar webmaster adalah meningkatkan trafik mereka menjaga agar pelanggan  Kembali lagi. Pembuatan situs adalah satu hal, namun asal buat dan posting sebuah website tidak menjamin trafik-nya.
Cara untuk Menarik Pengunjung Situs
(1) Internet Adalah Media Baru
Paling tidak dibandingkan dengan media massa cetak. Situs adalah sampah jika hanya mengulang kembali sesuatu yang tidak dapat disajikan oleh media cetak. Jangan jadikan situs hanya sebagai brosur online. Masukkan fitur yang mengambil keuntungan internet sebagai media komunikasi. Saring informasi darinya. Sediakan kemampuan pencarian. Sediakan interaktivitas dengan fitur seperti forum, kuis, dan perangkat. Pengunjung menyukai web sebagai sarana berinteraksi.
(2) Jaga Kunjungan Pelanggan Sebagai Hal yang Sangat Bernilai.
Jika seseorang mengunjungi situs Anda, Anda dapatkan perhatiannya atas nilai  waktu kunjungan tersebut. Anda dapat memanfaatkan hal tersebut atau justru  kehilangannya – dengan cepat. Mayoritas pengunjung memiliki durasi perhatian  yang pendek, rancangan apa yang hendak dibuat untuk homepage situs Anda agar  perhatian pengunjung tertawan dan memberikan cara tepat atas apa yang mereka  cari, seperti berjalan menuju restoran. Jika Anda masuk dan hanya ada di sana  tanpa ada yang menghampiri dan menyapa, Anda mungkin heran atas apa yang  terjadi. Tetapi, jika tuan rumah datang dan menyapa Anda segera dan menunjukkan  tempat yang masih kosong, lantas Anda ada di sana beberapa saat dan menikmati makanan Anda. Analogi serupa juga berlaku bagi situs. Jangan memperumit homepage situs Anda. Hasil terbaik akan didapat jika Anda sejelas mungkin  membuatkan area yang dapat diklik untuk menemukan apa yang dicari.
(3) Rancang Situs untuk Kebutuhan Pelanggan, Bukan Perusahaan.
Situs Anda harus memuaskan kebutuhan pelanggan, bukan perusahaan. Maka, jangan  masukkan konten yang tidak berguna bagi pelanggan situs. Hindari publikasi  pemasaran berlebihan tentang perusahaan. Hal tersebut hanya meningkatkan ego  perusahaan lebih besar daripada membantu pelanggan Anda.
(4) Libatkan Pengunjung.
Pertahankan agar pengunjung tetap terlibat dan buat mereka merasa seperti  kontributor berharga. Secara aktif mintakan feedback dan saran. Lakukan  komunikasi dengan pengunjung dan jawab pertanyaan yang diajukannya dengan  segera. Ketika berkomunikasi seperti itulah, catat alamat emailnya. Hal ini  mungkinkan Anda tetap berkomunikasi dengan mereka walaupun mungkin mereka telah  berpaling atau melupakan Anda.
(5) Tetap Up to date.
Anda butuh konten untuk situs yang tersedia dan relevan dengan kehidupan pengunjung. Posting berita bulan lalu tidak menarik. Posting informasi produk  kering yang tidak pernah berubah tidak akan menarik. Anda harus memiliki  informasi produk dan lainnya pada situs yang tidak akan berubah banyak, namun  Anda juga dapat memasukkan lebih banyak konten tepat waktu. Anda bisa,  mengirimkan konten tentang bagaimana produk Anda dapat digunakan dalam situasi  kehidupan tertentu. Sediakan tips dan teknik – hal yang segera dapat  diaplikasikan dan memecahkan masalah.
(6) Beri Perhatian pada Bentuk/Rancangan.
Beberapa situs terlihat berlebihan. Grafik besar hanya lebih menarik perancang  situs bukan pengunjung. Jangan gunakan grafik yang besar dan tak bernilai. Ingat, beberapa pengunjung mungkin masih mengakses situs Anda menggunakan dial-up. Situs Anda harus mampu melakukan loading dengan cepat bagi semua pengguna. Situs lambat akan menyebabkan pengguna Anda pergi dengan cepat. Maka dari itu, perhatikan ukuran grafik dan rancangannya. Beberapa web designer hanya bekerja pada resolusi layar yang tinggi dan terkadang lupa bahwa bahkan grafik terlihat biasa bagi Anda, tetap saja akan terlihat besar bagi pengguna dengan resolusi kecil. Pada flip side, jangan terlalu mengkilat pada grafik. Situs yang dirancang sederhana dan menggunakan default font dan tanpa warna juga tidak telihat cantik. Beberapa pengunjung situs, entah itu sengaja atau tidak, mengomentari perusahaan Anda dari situsnya atau mereka dapatkan sesuatu untuk dimanfaatkan. Situs yang dirancang dengan baik mengkomunikasikan profesionalisme. Terlalu sedikit rancangan juga menjadikan situs seperti ketinggalan jaman.
(7) Promosi.
Jika pengunjung menghubungi Anda melalui e-Mail, paling bagus menggunakan bentuk web. Bukan memberikan kemungkinan alamat email Anda disalahgunakan oleh spammer, namun untuk keperluan pengajuan pertanyaan kepada kustomer tentang alamat email mereka dan menyimpan alamat tersebut untuk keperluan mendatang. Aktifkan strategi pemasaran “push/pull”. Pengunjung yang datangi situs Anda adalah tarikan, namun selanjutnya Anda dapat menggulirkan konten kepada mereka dalam bentuk newsletter atau materi promosi. Jalankan mailing list dan manfaatkan. Undang pengunjung untuk mendaftarkan diri. Promosi dapat membangun atau bahkan merusak bisnis, dan selama Anda respek terhadap pertimbangan etika mailing list tersebut, Anda dapat memanfaatkannya.
(8) Jangan Lakukan Isolasi.
Internet adalah media yang dibagi dengan jutaan pengguna lainnya. Ketika membuat situs, jangan memfungsikannya seolah-olah Anda adalah pulau tersendiri. Keluarlah dan cermati apa yang tengah terjadi pada situs lainnya yang berhubungan dengan situs Anda. Ikut ambil bagian dalam forum. Cantumkan link ke situs lainnya dan mintakan sambungan balik dari link tersebut. Bentuk kemitraan dengan situs lainnya jika memungkinkan. Jika menyangkut masalah komunikasi, orang lebih menyukai hubungan personal. Penyembunyian alamat e-Mail umum seperti “penjualan” dan “informasi” tidak apa-apa selama ada cara juga menghubungi Anda dengan tepat. Situs perusahaan yang memungkinkan e-Mail langsung menuju pihak manajemen itu bagus. Namun ingatlah berapa besar Anda tidak menyukai pemanggilan pihak perusahaan dan terjebak dalam sistem telepon mereka. Terkadang Anda hanya perlu berbicara dengan seseorang. Beri pengunjung Anda kemungkinan itu.
(9) Buat Rencana Menarik Kembali Trafik.
Gunakan newsletter, e-Mail keluar, kontes, forum, klub, lelang – apa saja yang dapat menarik kembali pengunjung ke situs Anda. Jika memasukkan link ke situs lain, jangan hanya mengirimkan pengunjung Anda ke tempat lain. Mereka tidak akan kembali lagi. Sediakan mereka exit page. Sediakan pop-up jika mereka berusaha meninggalkan situs Anda atau kecilkan kemungkinan munculnya link eksternal dibuka dalam jendela baru.
(10) Telusuri Pengunjung Anda
Cermati statistik situs Anda dan ambil tindakan signifikan. Apa yang dibaca pengunjung? Bagaimana cara mereka menemukan Anda? Apakah mereka hanya muncul dan pergi begitu saja meninggalkan homepage Anda? Berapa lama mereka mengunjungi situs Anda? Apakah mereka kembali lagi? Data tersebut jelas sangat berguna dalam pembuatan situs Anda yang bagus sesuai kebutuhan dan keinginan pengunjung Anda. Ingat, kesalahan terbesar beberapa webmaster adalah pembuatan rancangan situs untuk kebutuhan mereka saja. Situs yang sukses dirancang untuk pengunjung targetnya, bukan mengesankan pemilik situsnya.

Cara Tercepat Mendapatkan Traffic ke Website Anda 

salah satu aspek terpenting dalam kegiatan bisnis internet adalah aspek promosi. sebagus apapun kualitas produk anda, ataupun semenarik apapun website anda, tetapi hal itu tidak akan berarti jika tidak ada pengunjung ke website anda.
ada 3 cara tercepat untuk mendatangkan traffic masuk ke website, yaitu:
1. menggunakan jasa dari Google Adwords
2. melakukan joint ventures
3. berikan apa yang mereka inginkan!

Tips Ampuh untuk Meningkatkan Penjualan Online
Apa saja yang harus Anda perhatikan untuk meningkatkan penjualan
Anda, berikut ini kami beberkan 10 cara:

1. Perlihatkan kepada calon custumer Anda bahwa Anda begitu antusias
terhadap produk dan bisnis Anda. Jika Anda antusias, maka mereka pun akan antusias, karena antusias itu bersifat menular.
2.Akhiri e-mail penjualan Anda dengan kata-kata close yang mantap. Seperti bonus tambahan, harga diskon, pengingat praktis, dan deadline order, dsb.
3. Tenteramkan custumer Anda yang melakukan komplain. Berikan jaminan refund dari uang mereka, atau berikan mereka diskon, berikan mereka bonus, berikan mereka solusinya atas masalah tsb, dsb.
4. Buat sedemikian rupa agar custumer Anda merasa tertarik terhadap bisnis
Anda sehingga mereka akan menceritakan hal itu kepada rekan-rekan bisnis yang lain. Berikan mereka sesuatu yang gratis juga menarik sebagai bonus, atau sejenisnya.
5. Tumbuhkan keyakinan ekstra pada prospek Anda sehingga mereka kelak
akan membeli dari Anda. Gunakan referensi yang baik dari orang-orang
yang telah menjadi custumer Anda, sehingga mereka bisa melihat siapa
saja yang telah menjadi custumer Anda, berikan juga jaminan atau
garansi kepada mereka, dan sebagainya.
6. Buat pada situs web Anda opt-in list sehingga pengunjung situs Anda dapat mendaftarkan diri untuk mendapatkan e-books, software, kontest, atau sesuatu yang gratis yang dapat ditukar dengan alamat e-mail  mereka, karena secara psikologi mereka lebih suka mendapat sesuatu yang bagus gratis walaupun mereka sanggup membelinya.
7. Jangan lupa prinsip aturan 80-20, artinya 80% dari isi situs Anda  harus berisi informasi atau hal-hal yang disukai secara umum bagi  para pengunjung sedangkan sisanya 20 % atau kurang berisi profil  perusahaan Anda serta produk atau jasa yang Anda pasarkan.
8. Upayakan apabila custumer Anda membeli sesuatu dari Anda, mereka
mendapatkan sebagian atau sedikit dari apa yang mereka pesan hal itu bisa dalam bentuk sesuatu yang mereka bisa dapatkan secara online.
9. Tulis sebuah artikel ke sebuah penerbit dari suatu newsletter online, Dan hendaklah hal itu dalam bentuk artikel yang bersifat informasi jangan bersifat iklan.
10. Perlihatkan kepada prospek Anda bahwa Anda adalah seorang yang pakar di bidangnya, karena hal tsb dapat meyakinkan mereka. Anda dapat  menerbitkan sebuah artikel, menulis sebuah ebook, dan sejenisnya.
Demikian 10 cara ampuh yang bila Anda terapkan, anda akan melihat nilai
penjualan Anda meningkat, dan sekaligus Anda dapat mempertahankan custumer Anda secara tetap.

source:
« Previous
 
Next »
 

0 komentar:

Your comment / INTERNET MARKETING